Tugas Narti Alfia
ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR
Sekolah :MTsN Langgam
Kinali
Mata Pelajaran :Bahasa Indonesia
Kalas :VII
Semester :Ganjil
KI.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI.3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
IndikatorPencapaianKompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sumber Belajar
|
Jenis
B. Ajar
|
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi
(cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
4.4 Menyajikan
gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa
|
3.4.1Menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada
struktur cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi)
3.4.2 Menelaah hasil
melengkapi cerita fantasi dari segi struktur cerita fantasi
3.4.3 Menelaah
struktur teks cerita fantasi
3.4.4 Menelaah kebahasaan
teks cerita fantasi
4.4.1 merencanakan pengembangan cerita fantasi
4.4 menulis cerita fantasi
dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan
struktur, dan kaidah penggunaan
kata kalimat/ tanda baca/ejaan
|
·
Struktur
teks cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi)
·
Kebahasaan
teks cerita fantasi
·
Prinsip
memvariasikan teks cerita fantasi
·
Ejaan
dan tanda baca
·
Langkah-langkah
menulis cerita fantasi
|
·
Mendata
struktur dan kebahasaan teks cerita fantasi(narasi)
·
Mendiskusikan prinsip memvariasikan cerita
fantasi, penggunaan bahasa pada cerita fantasi, penggunaan tanda baca/ ejaan
·
Mengurutkan
bagian-bagian cerita fantasi,
memvariasikan cerita fantasi (misal: mengubah narasi menjadi dialog, mengubah
alur, mengubah akhir cerita dll), melengkapi, dan menulis cerita fantasi
sesuai dengan kreasi serta memperhatikan ejaan dan tanda baca
·
Mempublikasikan
karya cerita fantasi/mempresentasikan
karya
|
Buku teks
kurikulum 2013
Referemsi lain
|
LKS
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar