Minggu, 07 Agustus 2016

ANALISIS PURNOMO


ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR 3.6
MATA PELAJARAN           :  BAHASA INDONESIA
KELAS                                    :  VII
SEMESTER                           :   I
KOMPETENSI INTI            :

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
MATERI PELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
SUMBER BELAJAR
JENIS BAHAN AJAR
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan  teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, membuat cindera mata,  dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

3.6.1        Menentukan struktur teks prosedur
3.6.2        Menentukan  ciri bagian-bagian teks prosedur
3.6.3        Menentukan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur
3.6.4        Menelaah hasil melengkapi teks prosedur dari segi struktur dan kaidah bahasa
3.6.5        Menelaah dan memperbaiki kesalahan menggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda
1.    Struktur teks prosedur
2.    Ciri bagian-bagian teks prosedur
3.    Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur
4.    Struktur dan kaidah bahasa
  5. Penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
Menjelaskan Teks prosedur, siswa berkelompok membuat tugas :
-struktur teks prosedur
-ciri-ciri bagian teks prosedur
-Prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf pada teks prosedural
-Struktur dan kaidah bahasa
-Penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
Buku Teks siswa, contoh teks Prosedur :

Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar

Gambar 3.9 Mencuci tangan dengan air mengalir

Setiap orang harus memperhatikan dan menjaga kebersihan, baik
kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kesehatan
ternyata tidaklah sulit. Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana
yaitu mencuci tangan. Apakah kamu sudah mengetahui cara mencuci
tangan yang baik dan benar? Berikut ini akan dipaparkan cara mencuci
tangan yang baik dan benar.

1. Basahilah tangan hingga pergelangan dengan air yang mengalir,
kemudian tuangkan sabun ke telapak tangan dua sampai tiga tetes.
2. Gosoklah telapak tangan secara perlahan dengan gerakan memutar
empat ruas jari tangan yang lain hingga sabun berbusa dan lakukan
secara bergantian.
3. Gosoklah punggung tangan dan sela-sela jari tangan kiri dengan
tangan kanan, begitu juga sebaliknya secara perlahan.
4. Gosoklah telapak tangan dan sela-sela jari dengan menyelipkan jari di
masing-masing ruas jari.
5. Pasangkan kedua tangan dengan posisi tangan kanan di atas hingga
jari-jari tangan dalam keadaan saling mengunci, lalu gosoklah secara
perlahan dan ulangi gerakan tersebut dengan posisi tangan kiri di atas.
6. Gosoklah ibu jari tangan sebelah kiri dengan gerakan memutar dalam
genggaman tangan kanan dan lakukan gerakan serupa pada ibu jari
tangan sebelah kanan.
7. Gosoklah telapak tangan kiri dengan gerakan memutar ujung jari-jari
tangan kanan begitu juga sebaliknya dengan telapak tangan kanan.
8. Bilaslah kedua tangan dengan air yang mengalir hingga busa hilang.
9. Keringkan tangan dengan handuk atau tisu sekali pakai sampai benarbenar
kering.
10. Gunakan handuk atau tisu tersebut untuk menutup kran hingga air
berhenti mengalir
Buku LKS,Pegangan Guru









ANALISIS BAHAN AJAR 3.6 OLEH : PURNOMO


ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR 3.6

MATA PELAJARAN              :  BAHASA INDONESIA
KELAS                                    :  VII
SEMESTER                           :   I
KOMPETENSI INTI                :

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
MATERI PELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
SUMBER BELAJAR
JENIS BAHAN AJAR
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan  teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, membuat cindera mata,  dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

3.6.1        Menentukan struktur teks prosedur
3.6.2        Menentukan  ciri bagian-bagian teks prosedur
3.6.3        Menentukan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur
3.6.4        Menelaah hasil melengkapi teks prosedur dari segi struktur dan kaidah bahasa
3.6.5        Menelaah dan memperbaiki kesalahan menggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda
1.    Struktur teks prosedur
2.    Ciri bagian-bagian teks prosedur
3.    Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur
4.    Struktur dan kaidah bahasa
  5. Penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
Menjelaskan Teks prosedur, siswa berkelompok membuat tugas :
-struktur teks prosedur
-ciri-ciri bagian teks prosedur
-Prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf pada teks prosedural
-Struktur dan kaidah bahasa
-Penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
Buku Teks siswa, contoh teks Prosedur :

Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar

Gambar 3.9 Mencuci tangan dengan air mengalir

Setiap orang harus memperhatikan dan menjaga kebersihan, baik
kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kesehatan
ternyata tidaklah sulit. Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana
yaitu mencuci tangan. Apakah kamu sudah mengetahui cara mencuci
tangan yang baik dan benar? Berikut ini akan dipaparkan cara mencuci
tangan yang baik dan benar.

1. Basahilah tangan hingga pergelangan dengan air yang mengalir,
kemudian tuangkan sabun ke telapak tangan dua sampai tiga tetes.
2. Gosoklah telapak tangan secara perlahan dengan gerakan memutar
empat ruas jari tangan yang lain hingga sabun berbusa dan lakukan
secara bergantian.
3. Gosoklah punggung tangan dan sela-sela jari tangan kiri dengan
tangan kanan, begitu juga sebaliknya secara perlahan.
4. Gosoklah telapak tangan dan sela-sela jari dengan menyelipkan jari di
masing-masing ruas jari.
5. Pasangkan kedua tangan dengan posisi tangan kanan di atas hingga
jari-jari tangan dalam keadaan saling mengunci, lalu gosoklah secara
perlahan dan ulangi gerakan tersebut dengan posisi tangan kiri di atas.
6. Gosoklah ibu jari tangan sebelah kiri dengan gerakan memutar dalam
genggaman tangan kanan dan lakukan gerakan serupa pada ibu jari
tangan sebelah kanan.
7. Gosoklah telapak tangan kiri dengan gerakan memutar ujung jari-jari
tangan kanan begitu juga sebaliknya dengan telapak tangan kanan.
8. Bilaslah kedua tangan dengan air yang mengalir hingga busa hilang.
9. Keringkan tangan dengan handuk atau tisu sekali pakai sampai benarbenar
kering.
10. Gunakan handuk atau tisu tersebut untuk menutup kran hingga air
berhenti mengalir
Buku LKS,Pegangan Guru