ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR
Mata Pelajaran: BAHASA
INDONESIA
Kalas : VII
Semester : I
Kompetensi Inti
:
KI-3 Memahami pengetahuan ( faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KI-4 Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sumber Belajar
|
Jenis
B. Ajar
|
3.5 Mengidentifikasi teks prosedur tentang
cara melakukan sesuatu dan cara
membuat (cara memainkan alat musik/
tarian daerah,cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan
didengar
|
3.5.1
Menjelaskan pengertian
teks prosedur
3.5.2
Menjelaskan ciri umum teks prosedur
3.5.3
Mengidentifikasi
kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur
3.5.4 Mengidentifikasi jenis
teks prosedur
|
1.
Menjelaskan pengertian teks prosedur dengan benar
2.
Menjelaskan
ciri umum teks prosedur dengan benar
3.
Mengidentifikasi kata/kalimat sebagai ciri teks
prosedur dengan benar
4.
Mengidentifikasi jenis teks prosedur dengan benar
|
. Mengamati berbagai contoh buku resep cara
membuat makanan
. Menanya pengertian teks prosedur.
. Menjelaskan ciri, tujuan, dan jenis teks
prosedur
. Menggali informasi
yang ada dalam teks
prosedur
. Membaca bagian A buku siswa tentang beragam
contoh teks prosedur
. Menalar
. Berdiskusi tentang ciri,tujuan, dan jenis teks
prosedur
.Mengkomunikasikan hasil diskusi tentang teks
prosedur
. Menempelkan hasil diskusi dan membahas bersama
tentang ciri umum,tujuan, isi,jenis teks prosedur
.Menyimpulkan hasil diskusi
|
Buku teks
Contoh teks prosedur
|
LKS
|
4.5 Menyimpulkan isi teks prosedur
tentang cara memainkan alat musik daerah,tarian daerah ,cara membuat
cinderamata , dan/atau kuliner khas daerah yang dibaca dan didengar.
|
4.5.1 Mengurutkan bagian teks
prosedur
4.5.2 Melengkapi unsur teks
prosedur
4.5.3 Menyusun bagian-bagian
teks prosedur
4.5.4 Menampilkan hasil disku
si Kelompok bagian-ba
gian teks prosedur
4.5.5 Menyimpulkan hasil dis
kusi kelompok
|
1.
Mengurutkan
bagian teks prosedur
2.
Melengkapi
unsur-unsur teks prosedur yang rumpang
3.
Menyusun
bagian-bagian teks prosedur pertanyaan isi
teks prosedur
4.Mendemonstrasikan cara melakukan
suatu pekerjaan darimpulan teks yang didengar.
|
1.Mengamati dua contoh teks prosedur
2. Menanyakan bagian-bagian yang ada dalam teks
prosedur
3.Mengurutkan bagian teks prosedur
4.Mendiskusikan hasil kerja kelompok
5.Menyimpulkan hasil diskusi
|
Buku teks
Contoh teks prosedur
|
LKS
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar