ANALISIS
KEBUTUHAN BAHAN AJAR 3.6
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : VII
SEMESTER : I
KOMPETENSI INTI :
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargaidan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
MATERI PELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
SUMBER BELAJAR
|
JENIS BAHAN AJAR
|
3.6 Menelaah
struktur dan aspek kebahasaan teks
prosedur tentang cara melakukan sesuatu
dan cara membuat (cara
memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah,
membuat cindera mata, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan
didengar
|
3.6.1
Menentukan
struktur teks prosedur
3.6.2
Menentukan ciri bagian-bagian teks prosedur
3.6.3
Menentukan
prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur
3.6.4
Menelaah
hasil melengkapi teks prosedur dari segi struktur dan kaidah bahasa
3.6.5
Menelaah
dan memperbaiki kesalahan menggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda
|
1. Struktur teks prosedur
2. Ciri bagian-bagian teks prosedur
3. Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf
pada teks prosedur
4. Struktur dan kaidah bahasa
5.
Penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
|
Menjelaskan Teks prosedur, siswa berkelompok membuat
tugas :
-struktur teks prosedur
-ciri-ciri bagian teks prosedur
-Prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf pada
teks prosedural
-Struktur dan kaidah bahasa
-Penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
|
Buku Teks siswa, contoh teks Prosedur :
Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar
Sumber: http://family.fimela.com/
Gambar 3.9 Mencuci tangan dengan air
mengalir
Setiap orang harus memperhatikan dan menjaga kebersihan,
baik
kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri.
Menjaga kesehatan
ternyata tidaklah sulit. Kita bisa melakukannya dengan
kegiatan sederhana
yaitu mencuci tangan. Apakah kamu sudah mengetahui cara
mencuci
tangan yang baik dan benar? Berikut ini akan dipaparkan
cara mencuci
tangan yang baik dan benar.
1. Basahilah tangan hingga pergelangan dengan air yang
mengalir,
kemudian tuangkan sabun ke telapak tangan dua sampai tiga
tetes.
2. Gosoklah telapak tangan secara perlahan dengan gerakan
memutar
empat ruas jari tangan yang lain hingga sabun berbusa dan
lakukan
secara bergantian.
3. Gosoklah punggung tangan dan sela-sela jari tangan kiri
dengan
tangan kanan, begitu juga sebaliknya secara perlahan.
4. Gosoklah telapak tangan dan sela-sela jari dengan
menyelipkan jari di
masing-masing ruas jari.
5. Pasangkan kedua tangan dengan posisi tangan kanan di
atas hingga
jari-jari tangan dalam keadaan saling mengunci, lalu
gosoklah secara
perlahan dan ulangi gerakan tersebut dengan posisi tangan
kiri di atas.
6. Gosoklah ibu jari tangan sebelah kiri dengan gerakan
memutar dalam
genggaman tangan kanan dan lakukan gerakan serupa pada ibu
jari
tangan sebelah kanan.
7. Gosoklah telapak tangan kiri dengan gerakan memutar
ujung jari-jari
tangan kanan begitu juga sebaliknya dengan telapak tangan
kanan.
8. Bilaslah kedua tangan dengan air yang mengalir hingga
busa hilang.
9. Keringkan tangan dengan handuk atau tisu sekali pakai
sampai benarbenar
kering.
10. Gunakan handuk atau tisu tersebut untuk menutup kran hingga
air
berhenti mengalir
|
Buku LKS,Pegangan Guru
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar