ANALISIS
PENJABARAN KI KD KE DALAM INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
DAN MATERI
PEMBELAJARAN
MADRASAH : MTsN SASTRA
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS /SEMESTER : VIII /1
No.
|
Kompetensi
Inti
|
1
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
2
|
Menghargai dan menghayati perilaku:
a. jujur,
b. disiplin,
c. santun,
d. percaya diri,
e. peduli, dan
f. bertanggung jawab
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak
di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
|
3
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
4
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandangteori
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Tingkat
Kompe tensi
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Materi
Substansi/Esensial
|
3.1. Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita
(membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
|
3.1.1. Menjelaskan pengertian teks berita
3.1.2. Mengidentifikasi
unsur-unsur teks berita.
3.1.3. Menemukan pokok-pokok berita
3.1.4. Menentukan isi berita
|
C2
C2
C2
C3
|
1.
Setelah membaca teks berita peserta didik dapat menjelaskan pengertian
teks berita dengan benar.
2.
Setelah membaca teks berita peserta didik dapat mengidentifikasi
unsur-unsur teksberita dengan benar.
3.
Setelah membaca teks berita peserta didik dapat menemukan
pokok-pokok berita dengan benar.
4.
Setelah membaca teks berita peserta didik dapat menetukan isi berita
dengan benar.
|
1.
Pengertian Berita
2.
Unsur-unsur berita
3.
Pokok-pokok berita
4.
Isi berita
|
3.2. Menelaah struktur
dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan
dibaca
|
3.2.1. Menjelas
struktur teks berita.
3.2.2. Menentukan
struktur teks berita
3.2.3.
Menentukan langkah-langkah penulisan teks berita
3.2.4.
Menelaah unsur kebahasaan teks berita
|
C2
C3
C3
C4
|
1.
Setelah membaca teks berita peserta didik dapat menjelaskan
struktur teks berita dengan benar
2.
Setelah membaca teks berita peserta didik dapat menentukan
struktur teks berita dengan tepat
3.
Setelah membaca teks berita peserta didik dapat menentukan
langkah-langkah penulisan teks berita dengan benar.
4.
Setelah membaca teks berita peserta didik dapat menelaah unsur
kebahasaan teks berita dengan tepat.
|
|
3.3
Mengidentifikasi informasi teks iklan,
slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber
yang dibaca dan didengar
|
3.3.1.
Menjelaskan pengertian teks Iklan
3.3.2. Mengidentifikasi ciri-ciri Iklan
3.3.3. Menjelaskan pengertian teks slogan
3.3.4. Mengidentifikasi ciri-ciri slogan
3.3.5.
Menjelaskan pengertian teks poster
3.3.6. Mengidentifikasi ciri-ciri poster
3.3.7. Membedakan iklan, slogan, dan poster.
|
C2
C2
C2
C2
C2
C2
C2
|
1.
Setelah mengamati iklan peserta didik dapat menjelaskan
pengertian teks iklan dengan benar.
2.
Setelah mengamati iklan peserta didik dapat mengidentifikasi
ciri-ciri teks iklan dengan benar.
3.
Setelah mengamati slogan peserta didik dapat menjelaskan
pengertian slogan dengan benar.
4.
Setelah mengamati slogan peserta didik dapat mengidentifikasi
ciri-ciri slogan dengan benar.
5.
Setelah mengamati poster peserta didik dapat menjelaskan
pengertian poster dengan benar.
6.
Setelah mengamati poster peserta didik dapat mengidentifikasi
ciri-ciri poster dengan benar.
7.
Setelah mengamati teks iklan, slogan, dan poster peserta didik
dapat membedakan iklan, slogan, poster,
dengan benar.
|
1.
Pengertian teks iklan, slogan atau poster.
2.
Ciri-ciri teks iklan, slogan atau poster.
3.
Perbedaan teks iklan, slogan atau poster.
|
3.4
Menelaah pola penyajian dan kebahasaan
teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari
berbagai sumber yang dibaca dan didengar
|
3.3.1.
Menganalisis pola penyajian teks Iklan
3.3.2. Mengidentifikasi kebahasaan teks Iklan
3.3.3. Menganalisis pola penyajian teks slogan
3.3.4. Mengidentifikasi kebahasaan slogan
3.3.5.
Menganalisis pola penyajian teks
poster
3.3.6. Mengidentifikasi kebahasaan poster
3.3.7. Membedakan kebahasaan iklan, slogan, dan
poster.
|
C4
C2
C4
C2
C4
C2
C2
|
1. Setelah
mengamati iklan dalam buku teks peserta didik dapat menganalisis pola
penyajian teks iklan dengan benar.
2. Setelah
mengamati iklan peserta didik dapat mengidentifikasi kebahasaan teks iklan dengan
benar.
3. Setelah
mengamati slogan peserta didik dapat menganalisis pola penyajian slogan
dengan benar.
4. Setelah
mengamati slogan peserta didik dapat mengidentifikasi kebahasaan slogan
dengan benar.
5. Setelah
mengamati poster peserta didik dapat menganalisis pola penyajian poster
dengan benar.
6. Setelah
mengamati poster peserta didik dapat mengidentifikasi kebahasaan poster
dengan benar.
7. Setelah
mengamati poster peserta didik dapat membedakan pola penyajian iklan, slogan,
poster, dengan benar.
|
|
3.5
Mengidentifikasi informasi teks
eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang didengar dan
dibaca
|
3.5.1.
Menjelaskan pengertian teks eksposisi.
3.5.2.
Menjelaskan ciri-ciri teks eksposisi.
3.5.3.
Menuliskan langkah-langkah menyusun teks eksposisi.
|
C2
C2
C1
|
1.
Setelah
|
|
3.6 Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah
populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca
4.6 Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam
bentuk teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis
dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan
|
3.6.1. M
|
|||
3.7 Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun
teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
4.7 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan
makna teks puisi yang diperdengarkan
atau dibaca
|
||||
3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi
(perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang
diperdengarkan atau dibaca.
4.8
Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/ lisan dengan memperhatikan
unsur-unsur pembangun puisi
|
||||
3.9 Mengidentifikasi informasi dari teks
ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan
atau dibaca dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara
tertulis.
4.9 Meringkas
isi teks eksplanasi yang berupa
proses terjadinya suatu fenomena dari
beragam sumber yang
didengar dan dibaca .
|
||||
3.10 Menelaah teks eksplanasi berupa paparan
kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca.
4.10 Menyajikan informasi, data dalam bentuk
teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis
dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
|
||||
3.11 Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film,
cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
4.11 Menceritakan kembali isi teks ulasan
tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang
dibaca atau didengar.
|
||||
3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen,
puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca
4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya
(film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks
ulasan secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
|
||||
3.13 Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan
tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar
dan dibaca.
|
3.13.1.
Menjelaskan pengertian teks
persuasi
3.13.2. Mengidentifikasi teks persuasi .
3.13.3. Menceritakan isi teks persuasi.
|
C2
C2
C2
|
1.
Setelah membaca teks persuasi peserta didik dapat menjelaskan
pengertian teks persuasi dengan tepat.
2.
Setelah membaca teks persuasi peserta didik dapat
mengidentifikasi teks persuasi dengan tepat.
3.
Setelah membaca teks persuasi peserta didik dapat menceritakan
isi teks persuasi dengan tepat.
|
|
3. 14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks
persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai
permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca.
|
3.14.1. Menjelaskan struktur
teks persuasi.
3.14.2. Menentukan
struktur teks persuasi yang dibaca.
3.14.3. Menyusun teks
persuasi.
|
C2
C3
C3
|
1.
Setelah membaca teks persuasi peserta didik dapat menjelaskan
struktur teks persuasi dengan tepat.
2.
Setelah membaca teks persuasi peserta didik dapat menentukan
struktur teks persuasi yang dibaca dengan tepat.
3.
Setelah membaca teks persuasi peserta didik dapat menyusun teks
persuasi dengan tepat.
|
1.
Contoh teks persuasi
2.
Struktur teks persuasi
|
3.15 Mengidentifikasi unsur-unsur drama (tradisional dan moderen) yang
disajikan dalam bentuk pentas atau naskah.
|
3.15.1.
Menjelaskan unsur-unsur drama.
|
|||
3.16 Menelaah karakteristik unsur dan kaidah
kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas.
4.16 Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau
naskah
|
||||
3.17 Menggali dan menemukan informasi dari buku
fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.17 Membuat peta konsep/ garis alur dari buku
fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
||||
3.18 Menelaah
unsur buku fiksi dan nonfiksi yang
dibaca
4.18
Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secara lisan/ tertulis
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar