Minggu, 07 Agustus 2016

ANALISIS PENJABARAN KI KD KE IPK



ANALISIS PENJABARAN KI KD KE DALAM INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
DAN MATERI PEMBELAJARAN

MADRASAH            :  MTsN  SASTRA
MATA PELAJARAN   :           BAHASA INDONESIA
KELAS /SEMESTER   :           VIII /1
No.
Kompetensi Inti
1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2
Menghargai dan menghayati perilaku:
a. jujur,
b. disiplin,
c. santun,
d. percaya diri,
e. peduli, dan
f. bertanggung jawab
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandangteori

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tingkat
Kompe tensi
Tujuan Pembelajaran
Materi Substansi/Esensial
3.1. Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca

3.1.1. Menjelaskan pengertian teks berita
3.1.2.   Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita.
3.1.3. Menemukan pokok-pokok berita
3.1.4. Menentukan isi berita

C2

C2


C2


C3
1.      Setelah membaca teks berita peserta didik dapat menjelaskan pengertian teks berita dengan benar.
2.      Setelah membaca teks berita peserta didik dapat mengidentifikasi unsur-unsur teksberita dengan benar.
3.      Setelah membaca teks berita peserta didik dapat menemukan pokok-pokok berita dengan benar.
4.      Setelah membaca teks berita peserta didik dapat menetukan isi berita dengan benar.

1.   Pengertian Berita
2.   Unsur-unsur berita
3.   Pokok-pokok berita
4.   Isi berita
3.2. Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca

3.2.1. Menjelas struktur teks berita.
3.2.2. Menentukan struktur teks berita
3.2.3.  Menentukan langkah-langkah penulisan teks berita
3.2.4.  Menelaah unsur kebahasaan teks berita

C2


C3


C3


C4
1.      Setelah membaca teks berita peserta didik dapat menjelaskan struktur teks berita dengan benar
2.      Setelah membaca teks berita peserta didik dapat menentukan struktur teks berita dengan tepat
3.      Setelah membaca teks berita peserta didik dapat menentukan langkah-langkah penulisan teks berita dengan benar.
4.      Setelah membaca teks berita peserta didik dapat menelaah unsur kebahasaan teks berita dengan tepat.


3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

3.3.1.   Menjelaskan pengertian teks Iklan
3.3.2. Mengidentifikasi ciri-ciri Iklan
3.3.3. Menjelaskan pengertian teks slogan
3.3.4. Mengidentifikasi ciri-ciri slogan
3.3.5.   Menjelaskan pengertian teks poster
3.3.6. Mengidentifikasi ciri-ciri poster
3.3.7. Membedakan iklan, slogan, dan poster.



C2


C2

C2


C2

C2


C2

C2
1.   Setelah mengamati iklan peserta didik dapat menjelaskan pengertian teks iklan dengan benar.
2.   Setelah mengamati iklan peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri teks iklan dengan benar.
3.   Setelah mengamati slogan peserta didik dapat menjelaskan pengertian slogan dengan benar.
4.   Setelah mengamati slogan peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri slogan dengan benar.
5.   Setelah mengamati poster peserta didik dapat menjelaskan pengertian poster dengan benar.
6.   Setelah mengamati poster peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri poster dengan benar.
7.   Setelah mengamati teks iklan, slogan, dan poster peserta didik dapat membedakan iklan, slogan, poster,  dengan benar.

1.      Pengertian teks iklan, slogan atau poster.
2.      Ciri-ciri teks iklan, slogan atau poster.
3.      Perbedaan teks iklan, slogan atau poster.

3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
3.3.1.   Menganalisis pola penyajian teks Iklan
3.3.2. Mengidentifikasi kebahasaan teks Iklan
3.3.3. Menganalisis pola penyajian teks slogan
3.3.4. Mengidentifikasi kebahasaan slogan
3.3.5.   Menganalisis pola penyajian teks poster
3.3.6. Mengidentifikasi kebahasaan poster
3.3.7. Membedakan kebahasaan iklan, slogan, dan poster.

C4


C2


C4


C2


C4


C2


C2
1.  Setelah mengamati iklan dalam buku teks peserta didik dapat menganalisis pola penyajian teks iklan dengan benar.
2.  Setelah mengamati iklan peserta didik dapat mengidentifikasi kebahasaan teks iklan dengan benar.
3.  Setelah mengamati slogan peserta didik dapat menganalisis pola penyajian slogan dengan benar.
4.  Setelah mengamati slogan peserta didik dapat mengidentifikasi kebahasaan slogan dengan benar.
5.  Setelah mengamati poster peserta didik dapat menganalisis pola penyajian poster dengan benar.
6.  Setelah mengamati poster peserta didik dapat mengidentifikasi kebahasaan poster dengan benar.
7.  Setelah mengamati poster peserta didik dapat membedakan pola penyajian iklan, slogan, poster,  dengan benar.


3.5 Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang didengar dan dibaca

3.5.1.  Menjelaskan pengertian teks eksposisi.
3.5.2.  Menjelaskan ciri-ciri teks eksposisi.
3.5.3.  Menuliskan langkah-langkah menyusun teks  eksposisi.
C2


C2


C1
1.      Setelah

3.6    Menelaah isi dan struktur  teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca
4.6    Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan
3.6.1. M



3.7    Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
4.7    Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi  yang diperdengarkan atau dibaca




3.8    Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca.
 4.8   Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi  secara tulis/ lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi




3.9    Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara tertulis.
4.9    Meringkas  isi  teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari  beragam  sumber yang didengar  dan dibaca .




3.10   Menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca.
4.10  Menyajikan informasi, data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan




3.11  Mengidentifikasi  informasi pada teks  ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
4.11  Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.




3.12  Menelaah struktur  dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca
4.12  Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan




3.13  Mengidentifikasi jenis  saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.

3.13.1.             Menjelaskan pengertian teks persuasi
3.13.2. Mengidentifikasi teks persuasi .
3.13.3. Menceritakan isi teks persuasi.
C2


C2

C2
1.      Setelah membaca teks persuasi peserta didik dapat menjelaskan pengertian teks persuasi dengan tepat.
2.      Setelah membaca teks persuasi peserta didik dapat mengidentifikasi teks persuasi dengan tepat.
3.      Setelah membaca teks persuasi peserta didik dapat menceritakan isi teks persuasi dengan tepat.


3. 14  Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca.
3.14.1.   Menjelaskan struktur teks persuasi.
3.14.2.   Menentukan struktur teks persuasi yang dibaca.
3.14.3.   Menyusun teks persuasi.
C2


C3



C3
1.      Setelah membaca teks persuasi peserta didik dapat menjelaskan struktur teks persuasi dengan tepat.
2.      Setelah membaca teks persuasi peserta didik dapat menentukan struktur teks persuasi yang dibaca dengan tepat.
3.      Setelah membaca teks persuasi peserta didik dapat menyusun teks persuasi dengan tepat.
1.      Contoh teks persuasi
2.      Struktur teks persuasi
3.15  Mengidentifikasi unsur-unsur  drama (tradisional dan moderen) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah.
3.15.1.             Menjelaskan unsur-unsur  drama.




3.16  Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas.
4.16  Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah




3.17  Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

4.17  Membuat peta konsep/ garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca




3.18 Menelaah unsur  buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.18 Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca  secara lisan/ tertulis





Tidak ada komentar:

Posting Komentar