ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kalas : VII
Semester : I
Kompetnsi Inti :
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sumber Belajar
|
Jenis
B. Ajar
|
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah,
tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) yang
didengar dan dibaca
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks
deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas
seni daerah) secara tulis dan lisan
dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
1. Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
2.
Menentukan bagian identifikasi dan
deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
3. Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
4.Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks
deskripsi yang dirumpangkan
5.
Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat,ejaan dan tanda
baca
1.
Menentukan bagian identifikasi dan
deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
2. Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
3. Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
4.Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks
deskripsi yang dirumpangkan
5.
Menelaah dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat,ejaan dan tanda
baca
|
1.
bagian teks
2.
variasi pola pengembangan teks deskripsi
3.
bagian struktur teks deskripsi
4. Kaidah
kebahasaan teks deskripsi
|
1.Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks
deskripsi dalam kehidupan sehari-hari
2.Dibuka dengan contoh teks deskripsi tempat wisata pantai
3.Bertanya jawab tentang kata kunci yang
ada pada teks
4.Mengungkapkan
kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
5.Membangun
konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2
|
Buku referensi
|
Lembar Kerja Siswa
|
|
1.Merencanakan
penulisan teks deskripsi 2.Menulis teks
deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaedah
penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan. 3.Menyajikan secara lisan
teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan
objek
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar