Minggu, 07 Agustus 2016



ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia       
Kalas                  : VII
Semester            : I
Kompetnsi Inti :                                                                                                                                                                   3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya     tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
          4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Sumber Belajar
Jenis
B. Ajar
3.2             Menelaah struktur dan kebahasaan dari  teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
4.2             Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah)  secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis





1. Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
2. Menentukan bagian   identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
3. Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
4.Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
5. Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat,ejaan dan tanda baca





1. Menentukan bagian   identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
2. Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
3. Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
4.Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
5. Menelaah dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat,ejaan dan tanda baca

1.    bagian teks
2.    variasi pola pengembangan teks deskripsi
3.    bagian struktur teks deskripsi
   4.  Kaidah    kebahasaan teks deskripsi
1.Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks deskripsi dalam kehidupan sehari-hari
2.Dibuka dengan contoh teks deskripsi tempat wisata pantai
3.Bertanya jawab tentang kata kunci yang  ada pada teks
4.Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
5.Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2

Buku referensi
Lembar Kerja Siswa





1.Merencanakan penulisan teks deskripsi                            2.Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaedah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan.                  3.Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek                   

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar