Minggu, 07 Agustus 2016



Analisis Penjabaran KI KD ke dalam Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Dan Materi Pembelajaran

Madrasah                   : MTsN
Mata Pelajaran          :Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          :IX /1

No
Kompetensi Inti
1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2

Menghargai dan menghayati perilaku:
a. jujur,
b. disiplin,
c. santun,
d. percayadiri,
e. peduli, dan
f. bertanggungjawab

dalam berinteraksi secara efektifsesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 

4

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tingkat Kompetensi
TujuanPembelajaran
Materi Substansi/Esensial
3.1  Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll.

3.1.1  Membaca teks  laporan percobaan




C1

 



Disediakan teks laporan percobaan peserta didik mampu  membaca teks  laporan percobaan dengan benar.

Laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll.

3.1.2  Menjelaskan informasi dari laporan percobaan  yang dibaca


C2




Setelah membaca teks laporan peserta didik mampu  menjelaskan informasi dari teks  laporan percobaan yang dibaca dengan benar.

3.1.3 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan  yang di baca .

C3







Setelah membaca teks laporan peserta didik mampu
mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dengan benar.

3.2  Menelaah struktur  dan kebahasaan dari teks laporan percobaan  yang di dengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk  mendeteksi  Menentukan adanya  zat berbahaya pada makanan.



3.2.1  Menentukan  struktur   dari teks laporan percobaan  yang dibaca

C3




1.      Setelah membaca teks laporan percobaan peserta didik mampu menentukan  struktur   dari teks laporan percobaan  yang dibaca dengan tepat

Struktur  dan kebahasaan dari teks laporan percobaan  yang di dengar atau dibaca
3.2.2  Menentukan  kebahasaan dari teks laporan percobaan  yang dibaca.

C3




2.      Setelah membaca teks laporan percobaan peserta didik mampu menentukan  kebahasaan dari teks laporan percobaan  yang dibaca dengan benar.

3.2.3 Menelaah struktur  teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca.

3.2.4 Menelaah kebahasaan dari teks laporan percobaan  yang dibaca.


C4
3.      Setelah membaca teks laporan percobaan peserta didik mampu menelaah struktur  teks laporan percobaan  yang dibaca

4.      Setelah membaca teks laporan percobaan peserta didik mampu menelaah kebahasaan dari teks laporan percobaan  yang dibaca dengan benar.
3.3  Mengidentifikasi gagasan , pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca.
3.3.1 Membaca teks pidato persuasif permasalahan aktual


C1




1.      Disediakan pidato persuasif peserta  didik mampu membaca teks pidato persuasif tentang permasalahan actual.

teks pidato persuasif tentang permasalahan aktual


3.3.2  Mengidentifikasi gagasan , pikiran, pandangan, arahan dalam pidato yang dibaca.

 3.3.3 Mengidentifikasi  pesan dalam pidato yang dibaca.

C2



C2
2.      Setelah membaca teks pidato,peserta  didik mampu mengidentifikasi gagasan , pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dengan benar.

3.      Setelah membaca teks pidato,peserta  didik mampu mengidentifikasi pesan dalam pidato dengan benar.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca 
3.4.1.Menjelaskan pegertian pidato persuasif.

3.4.2. Menentukan struktur teks pidato persuasif.
3.4.3. Menentukan ciri kebahasaan teks pidato persuasif.
C2



C3

C3


Setelah peserta didik mendengar dan membaca pidato persuasif diharapkan mampu:
1.   menjelaskan pengertian pidato persuasive dengan benar
2.   menentukan struktur pidato persuasif dengan tepat
2.   menentukan ciri kebahasaan pidato persuasive dengan tepat
1.Pegertian pidato persuasif.
3.   Struktur teks pidato persuasif.
3. Ciri kebahasaan teks pidato persuasif.

4.4.4  Menelaah  struktur pidato persuasif
3.4.4  Menelaah ciri kebahasaan
pidato persuasif.

C4
4.   menelaah struktur pidato persuasif
5.   menelaah ciri kebahasaan
    pidato persuasif.

3.5 Mengidentifikasi  unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
1. Menjelaskan pergertian cerita pendek.
2.  Mengidentifikasi unsur instrinsik teks cerita pendek.
3. Mengidentifikasi unsur ekstrinsik teks cerita pendek
C2


C2
C2
Setelah peserta didik membaca teks cerita pendek,peserta didik diharapkan mampu:
1. menjelaskan pergertian cerita pendek dengan benar
2. mengidentifikasi unsur instrinsik teks cerita pendek dengan tepat
3. mengidentifikasi unsur ekstrinsik teks cerita pendek dengan tepat
1.Pengertian cerita pendek.

2.   Unsur instrinsik teks cerita pendek.
3. Unsur ekstrinsik teks cerita pendek
3.6 Menelaah  struktur  dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar
1.  Menjelaskan struktur cerita pendek.
2.  Menjelaskan aspek kebahasaan cerita pendek.
3. Menelaah struktur cerita pendek yang dibaca.
 4. Menelaah aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca.
C2


C2


C4
Setelah membaca cerita pendek, peserta didik diharapkan mampu:
1. menjelaskan struktur cerita pendek dengan tepat
2. menjelaskan aspek kebahasaan cerita pendek dengan benar
3.menelaah struktur cerita pendek yang dibaca dengan tepat
4. menelaah aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca dengan benar.
1. Struktur cerita pendek.
2. Aspek kebahasaan cerita pendek.

3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca

1.Peserta didik mampu menjelasakan pengertian teks tanggapan.


C2




Setelah membaca teks tanggapan kritis peserta didik mampu:
1.      menjelaskan pengertian teks tanggapan dengan benar


2.      menjelsakan pengertian kritik, sanggahan atau pujian dengan benar


3.      Mengidentifikasi informasi berpa kritik, sanggahan atau pujian dengan benar




4.    memberikan contoh kritik, sanggahan atau pujian dengan benar
1. Teks tanggapan.




2. Peserta didik mampu menjelaskan pengertian kritik, sanggahan atau pujian dari teks tanggapan.
C2




2.  Kritik, sanggahan atau pujian

3. Peserta didik mampu mengidentifikasi informasi berupa kritik, Sanggahan atau pujian  dari teks tanggapan.
C2




4. Peserta didik mampu memberikan contoh kritik, sanggahan atau pujian dari teks tanggapan
          C2
3.8 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau dibaca
3.8.1.Menentukan struktur teks tanggapan.

3.8.2. menentukan kebahasan teks tanggapan.
3. Menelaah struktur teks tanggapan.

4.Mmenelaah  kebahasaan teks tanggapan 
C3


C3

C4

C4

Setelah membaca teks tanggapan peserta didik mampu:
1.menentukan struktur teks tanggapan dengan tepat.

2. menentukan kebahasan teks tanggapan dengan tepat.


3.      menelaah struktur teks tanggapan dengan tepat.

4. menelaah  kebahasaan teks tanggapan  dengan benar

1.Struktur teks tanggapan

2.Aspek kebahasaan teks tanggapan












3.9 Mengidentifikasi informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar

1. menjelasakan pengertian teks diskusi.
2. menjelaskan pengertian pendapat pro dan kontra.
3. Peserta didik mampu mengidentifikasi informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra.
C2


C2


         C2
Setelah membaca teks disksi peserta didik mampu: 1.menjelaskan pengertian teks diskusi dengan benar
2. Menjelsakan pengertian  pendapat pro dan kontra dengan benar
3.Mengidentifikasi informasi berupa pendapat pro dan kontra dengan benar

1.Teks diskusi.
2. Pendapat pro dan kontra
3.10 Menelaah pendapat dan argumen yang mendukung dan yang kontra dalam  teks diskusi berkaitan dengan permasalahan actual yang dibaca dan didengar.

3.10.1 Menentukan pendapat dan argumen yang  menyatakan dukungan dan yang kontra.


3.10.2 Menelaah pendapat dan argumen yang menyatakan dukungan dan yang kontra.

3.10.3 Membuktikan pendapat dan argumen yang menyatakan dukungan dan yang kontra

C3



C4


C5
Setelah berdiskusi peserta didik mampu:
- Menentukan pendapat yang menyatakan dukungan dan yang kontra dengan benar..

-Menelaah pendapat dan argumen yang menyatakan
Dukungan dan yang kontra dengan benar.

-Membuktikan pendapat dan argumen yang menyatakan dukungan dan yang kontra dengan benar.
- Pengertian diskusi
-Cara menyampaikan pendapat dan argumen yang menyatakan dukungan dan yang kontra dengan benar dan santun dalam berdiskusi.

Contoh kalimat berisi pendapat dan argumen yang menyatakan dukungan dan yang kontra dalam berdiskusi.
3.11 Mengidentifikasi isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar.
3.11.1   Membaca teks cerita inspiratif.

3.11.2 Mengidentifikasi isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar.

3.11.3 Mengimplementasikan ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dalam bentuk tulis dan lisan.
C1

C2




C3
Setelah membaca teks cerita inspiratif  peserta didik mampu :
- Memahami isi teks cerita inspiratif.

- Mengidentifikasi isi ungkapan simpati
kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar dengan tepat.

-Mengimplementasikan ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dalam bentuk tulis dan lisan dengan tepat dan benar.

- Pengertian teks cerita inspiratif.

-contoh ungkapan sim-pati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dalam bentuk tulis dan lisan.
3.12Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks cerita inspiratif







3.12.1 Menentukan struktur teks cerita  inspiratif.

3.12.2 Menentukan kebahasaan teks cerita inspiratif.

3.12.3 Menelaah isi teks cerita inspiratif.
C3

C3

C4
Setelah membaca teks cerita inspiratif, peserta didik mampu :
-          Menentukan struktur teks cerita inspiratif dengan benar.
-          Menentukan kebahasaan teks cerita inspiratif dengan benar.
-          Menelaah isi teks cerita inspiratif dengan benar.
- Struktur teks cerita inspiratif.

-Ciri kebahasaan teks cerita inspiratif.

- Isi teks cerita inspiratif.
3.13 Menggali informasi    unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
3.13.1 Membaca buku fiksi dan nonfiksi

3.13.2 Mengidentifikasi informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi

3.13.3    Menentukan informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
3.13.4 Menguraikan informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi





C1


C2


C3
C4
1.      Peserta  didik dapat membaca buku fiksi dan nonfiksi dengan benar

2.      Peserta  didik dapat menentukan informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi dengan benar
3.      Peserta  didik dapat menentukan informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi dengan benar
4.      Peserta  didik dapat menguraikan informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi dengan tepat

Pengertian buku fiksi dan nonfiksi

Identifikasi informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi

Informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi


3.14 Menelaah hubungan antara unsur-unsur buku fiksi/nonfiksi yang dibaca

3.14.1 Menunjukkan buku fiksi dan nonfiksi

3.14.2 Menentukan hubungan antara unsur-unsur buku fiksi yang dibaca

3.14.3 Menelaah hubungan antara unsur-unsur buku fiksi  yang dibaca



C1


C3





1.      Peserta  didik dapat menunjukkan buku fiksi dengan benar

2.      Peserta  didik dapat menentukan hubungan antara unsur-unsur buku fiksi yang dibaca dengan benar

3.      Peserta  didik dapat menelaah hubungan antara unsur-unsur buku fiksi  yang dibaca dengan benar



Buku fiksi


Unsur-unsur buku fiksi


Hubungan antara unsur-unsur buku fiksi
3.15 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

3.15.1 Membaca buku fiksi dan nonfiksi


3.15.2 Membedakan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

3.15.2.Mengonsepkan perbedaan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
C1



C2



C3
4.      Peserta  didik dapat membaca buku fiksi dan nonfiksi dengan benar

5.      Peserta  didik dapat membedakan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca dengan tepat

6.      Peserta  didik dapat mengonsepkan perbedaan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca dengan benar

Pengertian buku fiksi dan nonfiksi

Perbedaan unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi


Konsep perbedaan unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
3.16 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
3.16.1 Membaca buku fiksi dan nonfiksi



6.16.2      Membandingkan hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi


3.16.3 Mengimplementasikan hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
C1



C2



C3
1.      Peserta  didik dapat membaca buku fiksi dan nonfiksi dengan benar

2.      Peserta  didik dapat membandingkan hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi dengan benar


3.      Peserta  didik dapat mengimplementasikan hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi dengan benar
Pengertian buku fiksi dan nonfiksi


Perbandingan hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi

Perbandingan hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi



Analisis Penjabaran KI KD ke dalam Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Dan Materi Pembelajaran

Madrasah                   : MTsN
Mata Pelajaran          :Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          :IX /1

No
Kompetensi Inti
1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2

Menghargai dan menghayati perilaku:
a. jujur,
b. disiplin,
c. santun,
d. percayadiri,
e. peduli, dan
f. bertanggungjawab

dalam berinteraksi secara efektifsesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 

4

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tingkat Kompetensi
TujuanPembelajaran
Materi Substansi/Esensial
3.1  Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll.

3.1.1  Membaca teks  laporan percobaan




C1

 



Disediakan teks laporan percobaan peserta didik mampu  membaca teks  laporan percobaan dengan benar.

Laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll.

3.1.2  Menjelaskan informasi dari laporan percobaan  yang dibaca


C2




Setelah membaca teks laporan peserta didik mampu  menjelaskan informasi dari teks  laporan percobaan yang dibaca dengan benar.

3.1.3 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan  yang di baca .

C3







Setelah membaca teks laporan peserta didik mampu
mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dengan benar.

3.2  Menelaah struktur  dan kebahasaan dari teks laporan percobaan  yang di dengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk  mendeteksi  Menentukan adanya  zat berbahaya pada makanan.



3.2.1  Menentukan  struktur   dari teks laporan percobaan  yang dibaca

C3




1.      Setelah membaca teks laporan percobaan peserta didik mampu menentukan  struktur   dari teks laporan percobaan  yang dibaca dengan tepat

Struktur  dan kebahasaan dari teks laporan percobaan  yang di dengar atau dibaca
3.2.2  Menentukan  kebahasaan dari teks laporan percobaan  yang dibaca.

C3




2.      Setelah membaca teks laporan percobaan peserta didik mampu menentukan  kebahasaan dari teks laporan percobaan  yang dibaca dengan benar.

3.2.3 Menelaah struktur  teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca.

3.2.4 Menelaah kebahasaan dari teks laporan percobaan  yang dibaca.


C4
3.      Setelah membaca teks laporan percobaan peserta didik mampu menelaah struktur  teks laporan percobaan  yang dibaca

4.      Setelah membaca teks laporan percobaan peserta didik mampu menelaah kebahasaan dari teks laporan percobaan  yang dibaca dengan benar.
3.3  Mengidentifikasi gagasan , pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca.
3.3.1 Membaca teks pidato persuasif permasalahan aktual


C1




1.      Disediakan pidato persuasif peserta  didik mampu membaca teks pidato persuasif tentang permasalahan actual.

teks pidato persuasif tentang permasalahan aktual


3.3.2  Mengidentifikasi gagasan , pikiran, pandangan, arahan dalam pidato yang dibaca.

 3.3.3 Mengidentifikasi  pesan dalam pidato yang dibaca.

C2



C2
2.      Setelah membaca teks pidato,peserta  didik mampu mengidentifikasi gagasan , pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dengan benar.

3.      Setelah membaca teks pidato,peserta  didik mampu mengidentifikasi pesan dalam pidato dengan benar.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca 
3.4.1.Menjelaskan pegertian pidato persuasif.

3.4.2. Menentukan struktur teks pidato persuasif.
3.4.3. Menentukan ciri kebahasaan teks pidato persuasif.
C2



C3

C3


Setelah peserta didik mendengar dan membaca pidato persuasif diharapkan mampu:
1.   menjelaskan pengertian pidato persuasive dengan benar
2.   menentukan struktur pidato persuasif dengan tepat
2.   menentukan ciri kebahasaan pidato persuasive dengan tepat
1.Pegertian pidato persuasif.
3.   Struktur teks pidato persuasif.
3. Ciri kebahasaan teks pidato persuasif.

4.4.4  Menelaah  struktur pidato persuasif
3.4.4  Menelaah ciri kebahasaan
pidato persuasif.

C4
4.   menelaah struktur pidato persuasif
5.   menelaah ciri kebahasaan
    pidato persuasif.

3.5 Mengidentifikasi  unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
1. Menjelaskan pergertian cerita pendek.
2.  Mengidentifikasi unsur instrinsik teks cerita pendek.
3. Mengidentifikasi unsur ekstrinsik teks cerita pendek
C2


C2
C2
Setelah peserta didik membaca teks cerita pendek,peserta didik diharapkan mampu:
1. menjelaskan pergertian cerita pendek dengan benar
2. mengidentifikasi unsur instrinsik teks cerita pendek dengan tepat
3. mengidentifikasi unsur ekstrinsik teks cerita pendek dengan tepat
1.Pengertian cerita pendek.

2.   Unsur instrinsik teks cerita pendek.
3. Unsur ekstrinsik teks cerita pendek
3.6 Menelaah  struktur  dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar
1.  Menjelaskan struktur cerita pendek.
2.  Menjelaskan aspek kebahasaan cerita pendek.
3. Menelaah struktur cerita pendek yang dibaca.
 4. Menelaah aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca.
C2


C2


C4
Setelah membaca cerita pendek, peserta didik diharapkan mampu:
1. menjelaskan struktur cerita pendek dengan tepat
2. menjelaskan aspek kebahasaan cerita pendek dengan benar
3.menelaah struktur cerita pendek yang dibaca dengan tepat
4. menelaah aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca dengan benar.
1. Struktur cerita pendek.
2. Aspek kebahasaan cerita pendek.

3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca

1.Peserta didik mampu menjelasakan pengertian teks tanggapan.


C2




Setelah membaca teks tanggapan kritis peserta didik mampu:
1.      menjelaskan pengertian teks tanggapan dengan benar


2.      menjelsakan pengertian kritik, sanggahan atau pujian dengan benar


3.      Mengidentifikasi informasi berpa kritik, sanggahan atau pujian dengan benar




4.    memberikan contoh kritik, sanggahan atau pujian dengan benar
1. Teks tanggapan.




2. Peserta didik mampu menjelaskan pengertian kritik, sanggahan atau pujian dari teks tanggapan.
C2




2.  Kritik, sanggahan atau pujian

3. Peserta didik mampu mengidentifikasi informasi berupa kritik, Sanggahan atau pujian  dari teks tanggapan.
C2




4. Peserta didik mampu memberikan contoh kritik, sanggahan atau pujian dari teks tanggapan
          C2
3.8 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau dibaca
3.8.1.Menentukan struktur teks tanggapan.

3.8.2. menentukan kebahasan teks tanggapan.
3. Menelaah struktur teks tanggapan.

4.Mmenelaah  kebahasaan teks tanggapan 
C3


C3

C4

C4

Setelah membaca teks tanggapan peserta didik mampu:
1.menentukan struktur teks tanggapan dengan tepat.

2. menentukan kebahasan teks tanggapan dengan tepat.


3.      menelaah struktur teks tanggapan dengan tepat.

4. menelaah  kebahasaan teks tanggapan  dengan benar

1.Struktur teks tanggapan

2.Aspek kebahasaan teks tanggapan












3.9 Mengidentifikasi informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar

1. menjelasakan pengertian teks diskusi.
2. menjelaskan pengertian pendapat pro dan kontra.
3. Peserta didik mampu mengidentifikasi informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra.
C2


C2


         C2
Setelah membaca teks disksi peserta didik mampu: 1.menjelaskan pengertian teks diskusi dengan benar
2. Menjelsakan pengertian  pendapat pro dan kontra dengan benar
3.Mengidentifikasi informasi berupa pendapat pro dan kontra dengan benar

1.Teks diskusi.
2. Pendapat pro dan kontra
3.10 Menelaah pendapat dan argumen yang mendukung dan yang kontra dalam  teks diskusi berkaitan dengan permasalahan actual yang dibaca dan didengar.

3.10.1 Menentukan pendapat dan argumen yang  menyatakan dukungan dan yang kontra.


3.10.2 Menelaah pendapat dan argumen yang menyatakan dukungan dan yang kontra.

3.10.3 Membuktikan pendapat dan argumen yang menyatakan dukungan dan yang kontra

C3



C4


C5
Setelah berdiskusi peserta didik mampu:
- Menentukan pendapat yang menyatakan dukungan dan yang kontra dengan benar..

-Menelaah pendapat dan argumen yang menyatakan
Dukungan dan yang kontra dengan benar.

-Membuktikan pendapat dan argumen yang menyatakan dukungan dan yang kontra dengan benar.
- Pengertian diskusi
-Cara menyampaikan pendapat dan argumen yang menyatakan dukungan dan yang kontra dengan benar dan santun dalam berdiskusi.

Contoh kalimat berisi pendapat dan argumen yang menyatakan dukungan dan yang kontra dalam berdiskusi.
3.11 Mengidentifikasi isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar.
3.11.1   Membaca teks cerita inspiratif.

3.11.2 Mengidentifikasi isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar.

3.11.3 Mengimplementasikan ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dalam bentuk tulis dan lisan.
C1

C2




C3
Setelah membaca teks cerita inspiratif  peserta didik mampu :
- Memahami isi teks cerita inspiratif.

- Mengidentifikasi isi ungkapan simpati
kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar dengan tepat.

-Mengimplementasikan ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dalam bentuk tulis dan lisan dengan tepat dan benar.

- Pengertian teks cerita inspiratif.

-contoh ungkapan sim-pati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dalam bentuk tulis dan lisan.
3.12Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks cerita inspiratif







3.12.1 Menentukan struktur teks cerita  inspiratif.

3.12.2 Menentukan kebahasaan teks cerita inspiratif.

3.12.3 Menelaah isi teks cerita inspiratif.
C3

C3

C4
Setelah membaca teks cerita inspiratif, peserta didik mampu :
-          Menentukan struktur teks cerita inspiratif dengan benar.
-          Menentukan kebahasaan teks cerita inspiratif dengan benar.
-          Menelaah isi teks cerita inspiratif dengan benar.
- Struktur teks cerita inspiratif.

-Ciri kebahasaan teks cerita inspiratif.

- Isi teks cerita inspiratif.
3.13 Menggali informasi    unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
3.13.1 Membaca buku fiksi dan nonfiksi

3.13.2 Mengidentifikasi informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi

3.13.3    Menentukan informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
3.13.4 Menguraikan informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi





C1


C2


C3
C4
1.      Peserta  didik dapat membaca buku fiksi dan nonfiksi dengan benar

2.      Peserta  didik dapat menentukan informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi dengan benar
3.      Peserta  didik dapat menentukan informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi dengan benar
4.      Peserta  didik dapat menguraikan informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi dengan tepat

Pengertian buku fiksi dan nonfiksi

Identifikasi informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi

Informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi


3.14 Menelaah hubungan antara unsur-unsur buku fiksi/nonfiksi yang dibaca

3.14.1 Menunjukkan buku fiksi dan nonfiksi

3.14.2 Menentukan hubungan antara unsur-unsur buku fiksi yang dibaca

3.14.3 Menelaah hubungan antara unsur-unsur buku fiksi  yang dibaca



C1


C3





1.      Peserta  didik dapat menunjukkan buku fiksi dengan benar

2.      Peserta  didik dapat menentukan hubungan antara unsur-unsur buku fiksi yang dibaca dengan benar

3.      Peserta  didik dapat menelaah hubungan antara unsur-unsur buku fiksi  yang dibaca dengan benar



Buku fiksi


Unsur-unsur buku fiksi


Hubungan antara unsur-unsur buku fiksi
3.15 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

3.15.1 Membaca buku fiksi dan nonfiksi


3.15.2 Membedakan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

3.15.2.Mengonsepkan perbedaan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
C1



C2



C3
4.      Peserta  didik dapat membaca buku fiksi dan nonfiksi dengan benar

5.      Peserta  didik dapat membedakan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca dengan tepat

6.      Peserta  didik dapat mengonsepkan perbedaan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca dengan benar

Pengertian buku fiksi dan nonfiksi

Perbedaan unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi


Konsep perbedaan unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
3.16 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
3.16.1 Membaca buku fiksi dan nonfiksi



6.16.2      Membandingkan hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi


3.16.3 Mengimplementasikan hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
C1



C2



C3
1.      Peserta  didik dapat membaca buku fiksi dan nonfiksi dengan benar

2.      Peserta  didik dapat membandingkan hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi dengan benar


3.      Peserta  didik dapat mengimplementasikan hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi dengan benar
Pengertian buku fiksi dan nonfiksi


Perbandingan hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi

Perbandingan hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar