Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tingkat Kompetensi
|
TujuanPembelajaran
|
Materi Substansi/Esensial
|
3.1
Mengidentifikasi informasi dari laporan
percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat
berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll.
|
3.1.1 Membaca teks laporan percobaan
|
C1
|
Disediakan teks
laporan percobaan peserta didik mampu membaca teks laporan percobaan dengan benar.
|
Laporan percobaan yang dibaca dan
didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan,
adanya vitamin pada makanan, dll.
|
3.1.2 Menjelaskan informasi dari laporan
percobaan yang dibaca
|
C2
|
Setelah membaca teks
laporan peserta didik mampu
menjelaskan informasi dari teks
laporan percobaan yang dibaca dengan benar.
|
3.1.3 Mengidentifikasi informasi
dari laporan percobaan yang di baca .
|
C3
|
Setelah membaca teks
laporan peserta didik mampu
mengidentifikasi
informasi dari laporan percobaan yang dibaca dengan benar.
|
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan
percobaan yang di dengar atau dibaca
(percobaan sederhana untuk mendeteksi Menentukan adanya zat berbahaya pada makanan.
|
3.2.1 Menentukan
struktur dari teks laporan
percobaan yang dibaca
|
C3
|
1. Setelah membaca teks laporan percobaan peserta didik mampu menentukan struktur
dari teks laporan percobaan
yang dibaca dengan tepat
|
Struktur dan kebahasaan dari teks laporan
percobaan yang di dengar atau dibaca
|
3.2.2 Menentukan
kebahasaan dari teks laporan percobaan
yang dibaca.
|
C3
|
2. Setelah membaca teks laporan percobaan peserta didik mampu menentukan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang dibaca dengan benar.
|
3.2.3
Menelaah struktur teks laporan percobaan yang didengar atau
dibaca.
3.2.4 Menelaah kebahasaan dari teks
laporan percobaan yang dibaca.
|
C4
|
3. Setelah membaca teks laporan percobaan peserta didik mampu menelaah struktur teks laporan percobaan yang dibaca
4. Setelah membaca teks laporan percobaan peserta didik mampu menelaah kebahasaan dari teks
laporan percobaan yang dibaca dengan benar.
|
3.3 Mengidentifikasi gagasan , pikiran,
pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan
aktual yang didengar dan dibaca.
|
3.3.1
Membaca teks pidato persuasif permasalahan aktual
|
C1
|
1. Disediakan pidato persuasif peserta didik mampu membaca teks pidato persuasif
tentang permasalahan actual.
|
teks
pidato persuasif tentang permasalahan aktual
|
3.3.2 Mengidentifikasi gagasan , pikiran, pandangan, arahan dalam pidato yang dibaca.
3.3.3 Mengidentifikasi pesan dalam pidato yang dibaca.
|
C2
C2
|
2.
Setelah
membaca teks pidato,peserta didik mampu mengidentifikasi gagasan , pikiran,
pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dengan benar.
3.
Setelah
membaca teks pidato,peserta didik mampu mengidentifikasi pesan dalam pidato dengan benar.
|
3.4 Menelaah
struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual
yang didengar dan dibaca
|
3.4.1.Menjelaskan
pegertian pidato persuasif.
3.4.2. Menentukan
struktur teks pidato persuasif.
3.4.3. Menentukan
ciri kebahasaan teks pidato persuasif.
|
C2
C3
C3
|
Setelah peserta
didik mendengar dan membaca pidato persuasif diharapkan mampu:
1. menjelaskan pengertian pidato persuasive
dengan benar
2. menentukan struktur pidato persuasif
dengan tepat
2. menentukan ciri kebahasaan pidato persuasive
dengan tepat
|
1.Pegertian pidato
persuasif.
3. Struktur teks pidato persuasif.
3. Ciri kebahasaan
teks pidato persuasif.
|
4.4.4 Menelaah
struktur pidato persuasif
3.4.4 Menelaah ciri kebahasaan
pidato persuasif.
|
C4
|
4. menelaah struktur pidato persuasif
5. menelaah ciri kebahasaan
pidato persuasif.
|
|
3.5
Mengidentifikasi unsur pembangun karya
sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
|
1. Menjelaskan
pergertian cerita pendek.
2. Mengidentifikasi unsur instrinsik teks
cerita pendek.
3. Mengidentifikasi
unsur ekstrinsik teks cerita pendek
|
C2
C2
C2
|
Setelah peserta
didik membaca teks cerita pendek,peserta didik diharapkan mampu:
1. menjelaskan
pergertian cerita pendek dengan benar
2. mengidentifikasi
unsur instrinsik teks cerita pendek dengan tepat
3. mengidentifikasi
unsur ekstrinsik teks cerita pendek dengan tepat
|
1.Pengertian cerita
pendek.
2. Unsur instrinsik teks cerita pendek.
3. Unsur ekstrinsik
teks cerita pendek
|
3.6 Menelaah struktur
dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar
|
1. Menjelaskan struktur cerita pendek.
2. Menjelaskan aspek kebahasaan cerita pendek.
3. Menelaah struktur
cerita pendek yang dibaca.
4. Menelaah aspek kebahasaan cerita pendek
yang dibaca.
|
C2
C2
C4
|
Setelah membaca
cerita pendek, peserta didik diharapkan mampu:
1. menjelaskan
struktur cerita pendek dengan tepat
2. menjelaskan aspek
kebahasaan cerita pendek dengan benar
3.menelaah struktur cerita
pendek yang dibaca dengan tepat
4. menelaah aspek
kebahasaan cerita pendek yang dibaca dengan benar.
|
1. Struktur cerita
pendek.
2. Aspek kebahasaan
cerita pendek.
|
3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik,
sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
|
1.Peserta didik mampu menjelasakan pengertian teks tanggapan.
|
C2
|
Setelah membaca teks tanggapan kritis peserta didik mampu:
1. menjelaskan
pengertian teks tanggapan dengan benar
2. menjelsakan
pengertian kritik, sanggahan atau pujian dengan benar
3. Mengidentifikasi
informasi berpa kritik, sanggahan atau pujian dengan benar
4. memberikan contoh kritik,
sanggahan atau pujian dengan benar
|
1. Teks tanggapan.
|
2. Peserta didik mampu menjelaskan pengertian kritik, sanggahan atau
pujian dari teks tanggapan.
|
C2
|
2. Kritik, sanggahan atau pujian
|
3. Peserta didik mampu mengidentifikasi informasi berupa kritik,
Sanggahan atau pujian dari teks
tanggapan.
|
C2
|
4. Peserta didik mampu memberikan contoh kritik, sanggahan atau pujian
dari teks tanggapan
|
C2
|
3.8 Menelaah struktur
dan kebahasaan dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang
didengar dan/atau dibaca
|
3.8.1.Menentukan struktur teks tanggapan.
3.8.2. menentukan kebahasan teks tanggapan.
3. Menelaah struktur teks tanggapan.
4.Mmenelaah
kebahasaan teks tanggapan
|
C3
C3
C4
C4
|
Setelah membaca teks tanggapan peserta didik mampu:
1.menentukan struktur teks tanggapan dengan tepat.
2. menentukan kebahasan teks tanggapan dengan
tepat.
3. menelaah
struktur teks tanggapan dengan tepat.
4. menelaah
kebahasaan teks tanggapan dengan
benar
|
1.Struktur teks tanggapan
2.Aspek kebahasaan teks tanggapan
|
3.9 Mengidentifikasi informasi
teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang
dibaca dan didengar
|
1. menjelasakan pengertian teks diskusi.
2. menjelaskan pengertian pendapat pro dan kontra.
3. Peserta didik mampu mengidentifikasi informasi
teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra.
|
C2
C2
C2
|
Setelah membaca teks disksi peserta didik mampu:
1.menjelaskan pengertian teks diskusi dengan benar
2. Menjelsakan pengertian pendapat pro dan kontra dengan benar
3.Mengidentifikasi informasi berupa pendapat pro
dan kontra dengan benar
|
1.Teks diskusi.
2. Pendapat pro dan kontra
|
3.10 Menelaah
pendapat dan argumen yang mendukung dan yang kontra dalam teks diskusi berkaitan dengan permasalahan
actual yang dibaca dan didengar.
|
3.10.1 Menentukan
pendapat dan argumen yang menyatakan
dukungan dan yang kontra.
3.10.2 Menelaah pendapat
dan argumen yang menyatakan dukungan dan yang kontra.
3.10.3 Membuktikan
pendapat dan argumen yang menyatakan dukungan dan yang kontra
|
C3
C4
C5
|
Setelah berdiskusi peserta
didik mampu:
- Menentukan pendapat yang
menyatakan dukungan dan yang kontra dengan benar..
-Menelaah pendapat dan
argumen yang menyatakan
Dukungan dan yang kontra
dengan benar.
-Membuktikan pendapat dan argumen
yang menyatakan dukungan dan yang kontra dengan benar.
|
- Pengertian diskusi
-Cara menyampaikan
pendapat dan argumen yang menyatakan dukungan dan yang kontra dengan benar dan
santun dalam berdiskusi.
Contoh kalimat berisi
pendapat dan argumen yang menyatakan dukungan dan yang kontra dalam berdiskusi.
|
3.11 Mengidentifikasi
isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita
inspiratif yang dibaca dan didengar.
|
3.11.1 Membaca teks cerita inspiratif.
3.11.2 Mengidentifikasi isi
ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif
yang dibaca dan didengar.
3.11.3 Mengimplementasikan
ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dalam bentuk tulis
dan lisan.
|
C1
C2
C3
|
Setelah membaca teks
cerita inspiratif peserta didik mampu
:
- Memahami isi teks
cerita inspiratif.
- Mengidentifikasi
isi ungkapan simpati
kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita
inspiratif yang dibaca dan didengar dengan tepat.
-Mengimplementasikan
ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dalam bentuk tulis
dan lisan dengan tepat dan benar.
|
- Pengertian teks cerita
inspiratif.
-contoh ungkapan sim-pati,
kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dalam bentuk tulis dan lisan.
|
3.12Menelaah struktur,
kebahasaan, dan isi teks cerita inspiratif
|
3.12.1 Menentukan struktur
teks cerita inspiratif.
3.12.2 Menentukan kebahasaan
teks cerita inspiratif.
3.12.3 Menelaah isi teks cerita
inspiratif.
|
C3
C3
C4
|
Setelah membaca teks
cerita inspiratif, peserta didik mampu :
-
Menentukan struktur
teks cerita inspiratif dengan benar.
-
Menentukan kebahasaan
teks cerita inspiratif dengan benar.
-
Menelaah isi teks
cerita inspiratif dengan benar.
|
- Struktur teks cerita
inspiratif.
-Ciri kebahasaan teks cerita
inspiratif.
- Isi teks cerita inspiratif.
|
3.13 Menggali informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
|
3.13.1 Membaca buku fiksi dan
nonfiksi
3.13.2 Mengidentifikasi informasi
unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
3.13.3 Menentukan informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
3.13.4
Menguraikan informasi unsur-unsur
buku fiksi dan nonfiksi
|
C1
C2
C3
C4
|
1. Peserta didik
dapat membaca buku fiksi dan nonfiksi dengan benar
2. Peserta didik
dapat menentukan informasi unsur-unsur
buku fiksi dan nonfiksi dengan benar
3. Peserta didik
dapat menentukan informasi unsur-unsur
buku fiksi dan nonfiksi dengan benar
4. Peserta didik
dapat menguraikan informasi unsur-unsur
buku fiksi dan nonfiksi dengan tepat
|
Pengertian buku fiksi dan nonfiksi
Identifikasi informasi
unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
Informasi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
|
3.14 Menelaah hubungan antara
unsur-unsur buku fiksi/nonfiksi yang dibaca
|
3.14.1 Menunjukkan buku fiksi dan
nonfiksi
3.14.2 Menentukan hubungan antara unsur-unsur buku fiksi yang dibaca
3.14.3 Menelaah hubungan antara unsur-unsur buku fiksi yang dibaca
|
C1
C3
|
1. Peserta didik
dapat menunjukkan buku fiksi dengan benar
2. Peserta didik
dapat menentukan hubungan antara unsur-unsur buku fiksi yang dibaca
dengan benar
3. Peserta didik
dapat menelaah hubungan antara unsur-unsur buku fiksi yang dibaca dengan benar
|
Buku fiksi
Unsur-unsur buku fiksi
Hubungan antara unsur-unsur buku fiksi
|
3.15 Menemukan unsur-unsur
dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
3.15.1 Membaca buku fiksi dan nonfiksi
3.15.2 Membedakan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang
dibaca
3.15.2.Mengonsepkan perbedaan unsur-unsur dari buku fiksi dan
nonfiksi yang dibaca
|
C1
C2
C3
|
4. Peserta didik
dapat membaca buku fiksi dan nonfiksi dengan benar
5. Peserta didik
dapat membedakan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
dengan tepat
6. Peserta didik
dapat mengonsepkan perbedaan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi
yang dibaca dengan benar
|
Pengertian buku fiksi dan nonfiksi
Perbedaan unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
Konsep perbedaan unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi
|
3.16 Menelaah hubungan
unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
|
3.16.1 Membaca buku fiksi dan nonfiksi
6.16.2
Membandingkan hubungan unsur-unsur dalam buku
fiksi dan nonfiksi
3.16.3 Mengimplementasikan hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan
nonfiksi
|
C1
C2
C3
|
1. Peserta didik
dapat membaca buku fiksi dan nonfiksi dengan benar
2. Peserta didik
dapat membandingkan hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
dengan benar
3. Peserta didik
dapat mengimplementasikan hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan
nonfiksi dengan benar
|
Pengertian buku fiksi dan nonfiksi
Perbandingan hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
Perbandingan hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar