Minggu, 07 Agustus 2016

 
TUGAS
MATA PELAJARAN ANALISIS MATERI SUBSTANSI MATA PELAJARAN



ANGGOTA:
1.       RINI ROSARIA
2.       SARMANETI
3.       PURNOMO
4.       HAMNA
5.       DERMI. S
6.       INDRAWASI
7.       NARTI ALFIA
8.       MARTINIS
9.       RESI MARLINA
10.    FITRI NINGSIH
















ANALISIS PENJABARAN  KI, KD, KEDALAM INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) DAN MATERI PEMBELAJARAN
Madarasah                         :MTs
Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia
Kelas/semester                                : VII
No
Kompetensi Inti
1
Menghayati ajaran agama yang dianutnya
2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tingkat Kompetensi
Tujuan Pembelajaran
Materi Substansi/Esensial
3.1  Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.

3.1.1 Menjelaskan pengertian teks deskripsi
3.1.2 Mengidentifikasi  jenis teks deskripsi
3.1.3Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan
3.1.4Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan

C2
C2

C3
C3


1.         Setelah membaca sebuah teks deskripsi, peserta didik  mampu menjelaskan pengertian teks deskripsi dengan benar
2.         Setelah membaca sebuah teks deskripsi, peserta didik  mampu mengidentifikasi jenis teks deskripsi dengan benar
3.         Setelah membaca sebuah teks deskripsi , peserta didik mampu menentukan ciri umum teks deskripsi dengan benar
4.         Setelah membaca sebuah teks deskripsi, peserta didik mampu menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan dengan benar
1.    Pengertian teks deskripsi
2.    Jenis teks deskripsi
3.    Ciri umum teks deskripsi
4.    Ciri-ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan

3.2   Menelaah struktur  dan kaidah kebahasaan dari  teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)     yang didengar dan dibaca.

3.2.1        Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
3.2.2   Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
3.2.3   Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
3.2.4   menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
3.2.5     menelaah dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat,ejaan dan tanda baca
C3


C3

C4

C4


C4


Setelah membaca teks deskripsi, peserta didik mampu:
1.        menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi
2.         menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
3.         merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
4.         menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
5.         menelaah dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat,ejaan dan tanda
1.    bagian teks
2.    variasi pola pengembangan teks deskripsi
3.    bagian struktur teks deskripsi
4.    Kaidah kebahasaan teks deskripsi
3.3   Mengidentifikasi  unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar

3.3.1        menjelaskan pengertian teks narasi
3.3.2        menjelaskan ciri tokoh, latar, alur, dan tema pada cerita fantasi dan menunjukkan buktinya pada teks narasi
3.3.3        mengidentifikasi jenis cerita fantasi dan menunjukkan bukti pada teks
3.3.4        mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi
C2
C2


C2

C2
Setelah membaca sebuah teks narasi peserta didik mampu:
1.         menjelaskan pengertian teks narasi dengan benar
2.         menjelaskan ciri tokoh, latar, alur, dan tema pada cerita fantasi dan menunjukkan buktinya pada teks narasi dengan benar
3.         mengidentifikasi jenis teks narasi
4.         mengidentifikasi  unsur-unsur teks narasi dengan benar
1.Pengertian dan contoh-contoh teks narasi (cerita fantasi)
2. ciri tokoh, latar, alur, dan tema pada cerita fantasi dan menunjukkan buktinya pada teks narasi
3. mengidentifikasi jenis teks nara
4. unsur-unsur teks narasi
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi)  yang dibaca dan didengar
3.4.3Menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi)
3.4.3 Menelaah hasil melengkapi cerita fantasi dari segi struktur cerita fantasi
3.4.5 Menelaah struktur teks cerita fantasi
3.4.6 Menelaah kebahasaan teks cerita fantasi

C2


C4

C4
C4
Setelah membaca sebuah teks narasi, peserta didik mampu:
1.    Menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi) dengan benar
2.    Menelaah hasil melengkapi cerita fantasi dari segi struktur cerita fantasi dengan benar
3.    Menelaah struktur teks cerita fantasi dengan benar
4.    Menelaah kebahasaan teks cerita fantasi dengan benar

1.       Karakteristik bagian-bagian pada struktur cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi)
2.    Struktur cerita fantasi
3.    Kebahasaan teks cerita fantasi

3.5   Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

3.5.1   Menjelaskan pengertian teks prosedur
3.5.2   Menjelaskan  ciri umum teks prosedur
3.5.3     Mengidentifikasi kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur
3.5.4     Mengidentifikasi jenis teks prosedur  


C2

C2

C2






Setelah mengamati teks prosedur, peserta didik mampu:
1.         Menjelaskan pengertian teks prosedur dengan benar
2.         Menjelaskan  ciri umum teks prosedur dengan benar
3.         Mengidentifikasi kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur dengan benar
4.         Mengidentifikasi jenis teks prosedur  dengan benar


1.         Pengertian teks prosedur
2.         Ciri umum teks prosedur
3.         Penggunaan kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur
4.         Jenis teks prosedur  

3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan  teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, membuat cindera mata,  dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

3.6.1        Menentukan struktur teks prosedur
3.6.2        Menentukan  ciri bagian-bagian teks prosedur
3.6.3        Menentukan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur
3.6.4        Menelaah hasil melengkapi teks prosedur dari segi struktur dan kaidah bahasa
3.6.5        Menelaah dan memperbaiki kesalahan menggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda
C3
C3

C3

C4


C4
Setelah mengamati sebuah teks prosedur, peserta didik mampu:
1.      Menentukan struktur teks prosedur dengan tepat
2.      Menentukan  ciri bagian-bagian teks prosedur dengan tepat
3.      Menentukan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur dengan tepat
4.      Menelaah hasil melengkapi teks prosedur dari segi struktur dan kaidah bahasa
5.      Menelaah dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda dengantepat
1.    Struktur teks prosedur
2.    Ciri bagian-bagian teks prosedur
3.    Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur
4.    Struktur dan kaidah bahasa
5.    Penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda
3.7       Mengidentifikasi informasi dari   teks laporan hasil observasi berupa buku  pengetahuan  yang dibaca atau diperdengarkan
 3.7.1 Menjelaskan pengertian teks laporan  hasil observasi
3.7.2 Menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi
3.7.3 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks laporan hasil observasi
C2

C2


C2
Setelah membaca laporan hasil observasi, peserta didik mampu:
1.      menjelaskan pengertian teks laporan  hasil observasi dengan benar
2.      menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi dengan benar
3.      mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks laporan hasil observasi dengan benar
1.      Pengertian teks laporan  hasil observasi
2.      Ciri umum teks laporan hasil observasi
3.      Kebahasaan teks laporan hasil observasi
3.8 Menelaah  struktur, kebahasaan, dan isi   teks laporan hasil observasi yang berupa buku  pengetahuan  yang dibaca atau diperdengarkan
3.8.1        Menjelaskan hasil telaah terhadap struktur teks laporan hasil observasi
3.8.2        Menjelaskan perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi
3.8.3        Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks laporan hasil observasi
3.8.4        Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
3.8.5        Menelaah dan  melengkapi teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan bahasa

C2

C2

C2


C3

C4


Setelah membaca, peserta didik mampu:
1.      menjelaskan hasil telaah terhadap struktur teks laporan hasil observasi dengan benar
2.      menjelaskan perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi dengan benar
3.      menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks laporan hasil observasi dengan benar
4.      menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca dengan benar
5.      menelaah dan  melengkapi teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan bahasa dengan benar

1.       Struktur teks laporan hasil observasi
2.       Perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi
3.       Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks laporan hasil observasi
4.       Penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
5.       Bahasa teks observasi

3.9    Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

3.9.1 Menjelaskan pengertian fiksi dan non fiksi
3.9.2 Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks
3.9.3 Membandingkan persamaan dan perbedaan struktur pantun, syair, dan gurindam pada teks
3.9.4 Mendaftar kata/ kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks
3.9.5 Menemukan unsur-unsur fiksi dan non fiksi
C2

C2


C2

C2

C2






Setelah mendengarkan puisi, peserta didik mampu:
1.    Menjelaskan pengertian fiksi dan non fiksi dengan  benar
2.    Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks dengan  benar
3.    Membandingkan persamaan dan perbedaan struktur pantun, syair, dan gurindam pada teks dengan  benar
4.    Mendaftar kata/ kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks dengan benar
5.    Menemukan unsur-unsur fiksi dan non fiksi dengan benar



1.    Ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks
2.     Persamaan dan perbedaan struktur pantun, syair, dan gurindam pada teks
3.    Penggunaan  kata/ kalimat pada puisi rakyat pada teks
4.    Unsur-unsur fiksi dan non fiksi
3.10 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi















3.10.1 Menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun
3.10.2 Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun
3.10.3 Melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa pantun
3.10.4 Mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa
3.10.5 Memperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun, penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca


C2

C2













Setelah mendengarkan pantun,peserta didik dapat;
1.         menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun dengan benar
2.         menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun dengan benar
3.         melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya dengan benar
4.         memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa pantun dengan benar
5.         mengomentari puisi rakyat dari segi ruktur dan bahasa dengan benar
6.         memperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun, penggunaan kata,kalimat, ejaan dan tanda baca

1. variasi pola pengembangan isi pantun
prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun
3.10.3 Melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa pantun
3.10.4 Mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa
3.10.5 Memperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun, penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca


3.11 Mengidentifikasi  informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
3.11.1 menjelaskan pengertian surat pribadi dan surat dinas
3.11.2 menyimpulkan ciri umum surat pribadi dan surat dinas pada teks yang dibaca/didengar
3.11.3 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas pada teks yang dibaca/didengar.
3.11.3 Mengidentifikasi  informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas
C2


C2

C2

C2


Setelah mengamati surat pribadi dan surat dinas, peserta didik mampu:
1.         menjelaskan pengertian surat pribadi dan surat dinas dengan benar
2.         menyimpulkan ciri umum surat pribadi dan surat dinas pada teks dengan benar
3.         mendaftar kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas pada teks dengan benar
1.       Pengertian surat pribadan surat dinas
2.        Ciri umum surat pribadi dan surat dinas
3.       Pemakain kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas
3.12 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.

3.12.1   menjelaskan perincian unsur dan struktur surat pribadi dan surat dinas
3.12.2   menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada surat pribadi dan surat dinas
3.12.3   melengkapi surat pribadi dan surat dinas sesuai struktur dan kaidah bahasa
3.12.4   menelaah  dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
C2

C2


C3

C4
Setelah menyaksikan sebuah sura pribadi, peserta didik mampu:
1.         menjelaskan perincian unsur dan struktur surat pribadi dan surat dinas dengan benar
2.         menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada surat pribadi dan surat dinas dengan benar
3.         menelaah surat pribadi dan surat dinas sesuai struktur dan kaidah bahasa
4.         menelaah  dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca dengan benar
1.    Unsur dan struktur surat pribadi dan surat dinas
2.    Penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada surat pribadi dan surat dinas
3.    Struktur dan kaidah bahasa
4.    Penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
3.13 Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
3.13.1 Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
3.13.2 Membandingkan persamaan dan perbedaan struktur pantun, syair, dan gurindam pada teks yang dibaca/didengar.
3.13.3Mendaftar kata/ kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks yang dibaca/didengar.
3.13.4 Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar


C2


C2



C2


C2

Setelah mendengarkan sebuah puisi, peserta didik mampu:
1. Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks dengan benar.
3.13.2 Membandingkan persamaan dan perbedaan struktur pantun, syair, dan gurindam pada teks dengan benar
3.13.3Mendaftar kata/ kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks dengan benar
3.13.4 Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) dengan benar

1. Ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)
2. Perbandingan  persamaan, perbedaan struktur pantun, syair, dan gurindam pada teks
3. Penggunaan  kata/ kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks
4. Informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat)

3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
3.14.1  Menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun
3.14.2 Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun
3.14.3 Melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya
3.14.4 Memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa pantun
3.14.5 Mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa
3.14.6 Menelaah dan memperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun, penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
C2

C2

C2


C2

C2

C2



Setelah mendengarkan sebuah puisi, peserta didik mampu:
1.      menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun dengan benar
2.      menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun dengan benar
3.      melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya dengan benar
4.      memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa pantun dengan benar
5.      mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa
6.      menelaah dan memperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun, penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca dengan benar
·   Pola pengembangan isi  pantun, gurindam, dan syair
·   Variasi kalimat perintah, saran, ajakan, larangan dalam pantun

3.15 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.

3.15.1Menjelaskan pengertian fabel
3.15.2 Menyimpulkan ciri unsur cerita fabel
3.15.3 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri cerita fabel
3.15.4 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat

C2
C2
C2

C2
Setelah pmendengarkan sebuah fabel, peserta didik mampu:
1.      Menjelaskan pengertian fabel dengan benar
2.      Menyimpulkan ciri unsur cerita fabel dengan benar
3.      Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri cerita fabel dengan benar
4.      Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat dengan benar

1.      Pengertian fabel
2.      Ciri unsur cerita fabel
3.      Penggunaan kata/kalimat sebagai ciri cerita fabel
4.      Informasi tentang fabel/legenda daerah setempat
3.16 Memerankan isi fabel/legenda   daerah setempat yang dibaca dan didengar.

3.16.1 Merencanakan penulisan cerita fabel
3.16.2 Menulis cerita fabel dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
3.16.3 Memerankan isi fabel dengan intonasi, gestur, dan aspek pemeranan
lain yang sesuai

Setelah proses pembelajaran, peserta didik mampu:
1. merencanakan penulisan cerita fabel dengan benar
2. menulis cerita fabel dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan dengan benar
3. memerankan isi fabel dengan intonasi, gestur, dan aspek pemeranan lain yang sesuai
1. Penulisan cerita fabel
2. Kebahasaaan fabel
3. Cara memerankan  fabel



Tidak ada komentar:

Posting Komentar