TUGAS
MATA
PELAJARAN ANALISIS MATERI SUBSTANSI MATA PELAJARAN
ANGGOTA:
1.
RINI ROSARIA
2.
SARMANETI
3.
PURNOMO
4.
HAMNA
5.
DERMI. S
6.
INDRAWASI
7.
NARTI ALFIA
8.
MARTINIS
9.
RESI MARLINA
10.
FITRI NINGSIH
ANALISIS
PENJABARAN KI, KD, KEDALAM INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) DAN MATERI PEMBELAJARAN
Madarasah :MTs
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/semester :
VII
No
|
Kompetensi Inti
|
1
|
Menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
2
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
3
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
4
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Tingkat Kompetensi
|
Tujuan Pembelajaran
|
Materi
Substansi/Esensial
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks
deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
|
3.1.1 Menjelaskan pengertian teks deskripsi
3.1.2
Mengidentifikasi jenis
teks deskripsi
3.1.3Menentukan
ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan
3.1.4Menentukan
ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan
|
C2
C2
C3
C3
|
1.
Setelah membaca sebuah teks
deskripsi, peserta didik mampu
menjelaskan pengertian teks deskripsi dengan benar
2.
Setelah membaca sebuah teks
deskripsi, peserta didik mampu mengidentifikasi
jenis teks deskripsi dengan benar
3.
Setelah membaca sebuah teks
deskripsi , peserta didik mampu menentukan ciri umum teks deskripsi dengan
benar
4.
Setelah membaca sebuah teks
deskripsi, peserta didik mampu menentukan ciri teks deskripsi dari aspek
kebahasaan dengan benar
|
1.
Pengertian teks deskripsi
2.
Jenis teks deskripsi
3.
Ciri umum teks deskripsi
4.
Ciri-ciri teks deskripsi dari
aspek kebahasaan
|
3.2 Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,
tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
|
3.2.1
Menentukan bagian identifikasi dan
deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
3.2.2 Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
3.2.3 Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
3.2.4 menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks
deskripsi yang dirumpangkan
3.2.5
menelaah dan memperbaiki kesalahan
penggunaan kata, kalimat,ejaan dan tanda baca
|
C3
C3
C4
C4
C4
|
Setelah membaca teks deskripsi, peserta didik mampu:
1.
menentukan bagian identifikasi dan
deskripsi bagian pada teks deskripsi
2.
menentukan variasi pola pengembangan teks
deskripsi
3.
merinci bagian-bagian struktur teks
deskripsi
4.
menelaah bagian struktur yang sesuai untuk
melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
5.
menelaah dan memperbaiki kesalahan
penggunaan kata, kalimat,ejaan dan tanda
|
1.
bagian teks
2.
variasi pola pengembangan
teks deskripsi
3.
bagian struktur teks
deskripsi
4.
Kaidah kebahasaan teks
deskripsi
|
3.3
Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
|
3.3.1
menjelaskan pengertian teks narasi
3.3.2
menjelaskan ciri tokoh, latar, alur, dan
tema pada cerita fantasi dan menunjukkan buktinya pada teks narasi
3.3.3
mengidentifikasi jenis cerita fantasi dan
menunjukkan bukti pada teks
3.3.4
mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi
|
C2
C2
C2
C2
|
Setelah membaca sebuah teks narasi peserta didik
mampu:
1.
menjelaskan pengertian teks
narasi dengan benar
2.
menjelaskan ciri tokoh, latar, alur, dan
tema pada cerita fantasi dan menunjukkan buktinya pada teks narasi dengan
benar
3.
mengidentifikasi jenis teks
narasi
4.
mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi dengan benar
|
1.Pengertian dan
contoh-contoh teks narasi (cerita fantasi)
2. ciri tokoh, latar, alur, dan tema
pada cerita fantasi dan menunjukkan buktinya pada teks narasi
3. mengidentifikasi jenis teks nara
4. unsur-unsur teks narasi
|
3.4 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
|
3.4.3Menyimpulkan
karakteristik bagian-bagian pada struktur cerita fantasi (orientasi,
komplikasi, resolusi)
3.4.3
Menelaah hasil melengkapi cerita fantasi dari segi struktur cerita fantasi
3.4.5
Menelaah struktur teks cerita fantasi
3.4.6
Menelaah kebahasaan teks cerita fantasi
|
C2
C4
C4
C4
|
Setelah membaca sebuah teks narasi, peserta didik
mampu:
1. Menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur cerita
fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi) dengan benar
2. Menelaah hasil melengkapi cerita fantasi dari segi struktur
cerita fantasi dengan benar
3. Menelaah struktur teks cerita fantasi dengan benar
4. Menelaah kebahasaan teks cerita fantasi dengan benar
|
1. Karakteristik bagian-bagian pada struktur cerita fantasi
(orientasi, komplikasi, resolusi)
2. Struktur cerita fantasi
3. Kebahasaan teks cerita fantasi
|
3.5 Mengidentifikasi teks prosedur tentang
cara melakukan sesuatu dan cara
membuat (cara memainkan alat musik/
tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
|
3.5.1 Menjelaskan pengertian teks prosedur
3.5.2 Menjelaskan ciri umum
teks prosedur
3.5.3
Mengidentifikasi kata/kalimat sebagai ciri
teks prosedur
3.5.4
Mengidentifikasi jenis teks prosedur
|
C2
C2
C2
|
Setelah
mengamati teks prosedur, peserta didik mampu:
1.
Menjelaskan pengertian teks prosedur
dengan benar
2.
Menjelaskan ciri umum teks prosedur dengan benar
3.
Mengidentifikasi kata/kalimat sebagai ciri
teks prosedur dengan benar
4.
Mengidentifikasi jenis teks prosedur dengan
benar
|
1.
Pengertian teks prosedur
2.
Ciri umum teks prosedur
3.
Penggunaan kata/kalimat sebagai ciri teks
prosedur
4.
Jenis teks prosedur
|
3.6 Menelaah
struktur dan aspek kebahasaan teks
prosedur tentang cara melakukan sesuatu
dan cara membuat (cara
memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah,
membuat cindera mata, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan
didengar
|
3.6.1
Menentukan struktur teks prosedur
3.6.2
Menentukan ciri bagian-bagian teks prosedur
3.6.3
Menentukan prinsip penggunaan kata/
kalimat/ paragraf pada teks prosedur
3.6.4
Menelaah hasil melengkapi teks prosedur dari
segi struktur dan kaidah bahasa
3.6.5
Menelaah dan memperbaiki kesalahan menggunaan
kata, kalimat, ejaan dan tanda
|
C3
C3
C3
C4
C4
|
Setelah
mengamati sebuah teks prosedur, peserta didik mampu:
1. Menentukan struktur teks prosedur dengan tepat
2. Menentukan ciri
bagian-bagian teks prosedur dengan tepat
3. Menentukan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks
prosedur dengan tepat
4. Menelaah hasil melengkapi teks prosedur dari segi struktur dan
kaidah bahasa
5. Menelaah dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat,
ejaan dan tanda dengantepat
|
1. Struktur teks prosedur
2. Ciri bagian-bagian teks prosedur
3. Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur
4. Struktur dan kaidah bahasa
5. Penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda
|
3.7
Mengidentifikasi
informasi dari teks laporan hasil
observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
|
3.7.1 Menjelaskan pengertian teks
laporan hasil observasi
3.7.2
Menyimpulkan ciri umum teks laporan hasil observasi
3.7.3
Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks laporan hasil observasi
|
C2
C2
C2
|
Setelah
membaca laporan hasil observasi, peserta didik mampu:
1.
menjelaskan
pengertian teks laporan hasil
observasi dengan benar
2.
menyimpulkan
ciri umum teks laporan hasil observasi dengan benar
3.
mendaftar
kata/kalimat sebagai ciri teks laporan hasil observasi dengan benar
|
1.
Pengertian
teks laporan hasil observasi
2.
Ciri umum
teks laporan hasil observasi
3.
Kebahasaan
teks laporan hasil observasi
|
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan
yang dibaca atau diperdengarkan
|
3.8.1
Menjelaskan hasil telaah terhadap struktur teks laporan hasil
observasi
3.8.2
Menjelaskan perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks
deskripsi
3.8.3
Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks
laporan hasil observasi
3.8.4
Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat,
ejaan dan tanda baca
3.8.5
Menelaah dan melengkapi
teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan bahasa
|
C2
C2
C2
C3
C4
|
Setelah
membaca, peserta didik mampu:
1. menjelaskan hasil telaah terhadap struktur teks laporan hasil
observasi dengan benar
2. menjelaskan perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks
deskripsi dengan benar
3. menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada
teks laporan hasil observasi dengan benar
4. menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat,
ejaan dan tanda baca dengan benar
5. menelaah dan melengkapi
teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan bahasa dengan benar
|
1. Struktur teks laporan hasil observasi
2. Perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi
3. Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks laporan
hasil observasi
4. Penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
5. Bahasa teks observasi
|
3.9 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan
nonfiksi yang dibaca
|
3.9.1 Menjelaskan
pengertian fiksi dan non fiksi
3.9.2 Menyimpulkan
ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks
3.9.3 Membandingkan
persamaan dan perbedaan struktur pantun, syair, dan gurindam pada teks
3.9.4 Mendaftar
kata/ kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks
3.9.5
Menemukan unsur-unsur fiksi dan non fiksi
|
C2
C2
C2
C2
C2
|
Setelah
mendengarkan puisi, peserta didik mampu:
1.
Menjelaskan pengertian fiksi dan non fiksi dengan benar
2.
Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)
pada teks dengan benar
3.
Membandingkan persamaan dan perbedaan struktur pantun, syair, dan
gurindam pada teks dengan benar
4.
Mendaftar kata/ kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada
teks dengan benar
5.
Menemukan unsur-unsur fiksi dan non fiksi dengan benar
|
1.
Ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks
2.
Persamaan dan perbedaan
struktur pantun, syair, dan gurindam pada teks
3.
Penggunaan kata/ kalimat
pada puisi rakyat pada teks
4.
Unsur-unsur fiksi dan non fiksi
|
3.10
Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
|
3.10.1
Menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun
3.10.2
Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun
3.10.3
Melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta
menelaahnya memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa pantun
3.10.4
Mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa
3.10.5
Memperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun, penggunaan kata, kalimat,
ejaan dan tanda baca
|
C2
C2
|
Setelah
mendengarkan pantun,peserta didik dapat;
1.
menyimpulkan variasi pola pengembangan isi
pantun dengan benar
2.
menyimpulkan prinsip penggunaan kata/
kalimat pada pantun dengan benar
3.
melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai
struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya dengan benar
4.
memvariasikan beragam pola pengembangan
puisi rakyat berupa pantun dengan benar
5.
mengomentari puisi rakyat dari segi ruktur
dan bahasa dengan benar
6.
memperbaiki kesalahan dari segi isi,
syarat pantun, penggunaan kata,kalimat, ejaan dan tanda baca
|
1.
variasi pola pengembangan isi pantun
prinsip
penggunaan kata/ kalimat pada pantun
3.10.3
Melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta
menelaahnya memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa pantun
3.10.4
Mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa
3.10.5
Memperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun, penggunaan kata, kalimat,
ejaan dan tanda baca
|
3.11
Mengidentifikasi informasi (kabar,
keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat
dinas yang dibaca dan didengar.
|
3.11.1
menjelaskan pengertian surat pribadi dan surat dinas
3.11.2
menyimpulkan ciri umum surat pribadi dan surat dinas pada teks yang
dibaca/didengar
3.11.3
Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat dinas pada teks
yang dibaca/didengar.
3.11.3
Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan,
dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas
|
C2
C2
C2
C2
|
Setelah
mengamati surat pribadi dan surat dinas, peserta didik mampu:
1.
menjelaskan pengertian surat pribadi dan
surat dinas dengan benar
2.
menyimpulkan ciri umum surat pribadi dan
surat dinas pada teks dengan benar
3.
mendaftar kata/kalimat sebagai ciri surat
pribadi dan surat dinas pada teks dengan benar
|
1. Pengertian surat pribadan surat dinas
2. Ciri umum surat pribadi
dan surat dinas
3. Pemakain kata/kalimat sebagai ciri surat pribadi dan surat
dinas
|
3.12
Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang
dibaca dan didengar.
|
3.12.1 menjelaskan perincian
unsur dan struktur surat pribadi dan surat dinas
3.12.2 menyimpulkan prinsip
penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada surat pribadi dan surat dinas
3.12.3 melengkapi surat pribadi
dan surat dinas sesuai struktur dan kaidah bahasa
3.12.4 menelaah dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata,
kalimat, ejaan dan tanda baca
|
C2
C2
C3
C4
|
Setelah
menyaksikan sebuah sura pribadi, peserta didik mampu:
1.
menjelaskan perincian unsur dan struktur
surat pribadi dan surat dinas dengan benar
2.
menyimpulkan prinsip penggunaan kata/
kalimat/ paragraf pada surat pribadi dan surat dinas dengan benar
3.
menelaah surat pribadi dan surat dinas
sesuai struktur dan kaidah bahasa
4.
menelaah
dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda
baca dengan benar
|
1. Unsur dan struktur surat pribadi dan surat dinas
2. Penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada surat pribadi dan surat
dinas
3. Struktur dan kaidah bahasa
4. Penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
|
3.13
Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat
(pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan
didengar
|
3.13.1
Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks
yang dibaca/didengar.
3.13.2
Membandingkan persamaan dan perbedaan struktur pantun, syair, dan gurindam
pada teks yang dibaca/didengar.
3.13.3Mendaftar
kata/ kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks yang
dibaca/didengar.
3.13.4 Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari
puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca
dan didengar
|
C2
C2
C2
C2
|
Setelah
mendengarkan sebuah puisi, peserta didik mampu:
1.
Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks
dengan benar.
3.13.2
Membandingkan persamaan dan perbedaan struktur pantun, syair, dan gurindam
pada teks dengan benar
3.13.3Mendaftar
kata/ kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks dengan benar
3.13.4 Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari
puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) dengan benar
|
1.
Ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)
2.
Perbandingan persamaan, perbedaan
struktur pantun, syair, dan gurindam pada teks
3.
Penggunaan kata/ kalimat yang
digunakan pada puisi rakyat pada teks
4.
Informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat
(pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat)
|
3.14
Menelaah struktur dan kebahasaan puisi
rakyat (pantun, syair, dan
bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
|
3.14.1
Menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun
3.14.2
Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun
3.14.3 Melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa
serta menelaahnya
3.14.4
Memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa pantun
3.14.5
Mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa
3.14.6
Menelaah dan memperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun, penggunaan
kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
|
C2
C2
C2
C2
C2
C2
|
Setelah
mendengarkan sebuah puisi, peserta didik mampu:
1. menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun dengan benar
2. menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun
dengan benar
3. melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah
bahasa serta menelaahnya dengan benar
4. memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa
pantun dengan benar
5. mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa
6. menelaah dan memperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat
pantun, penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca dengan benar
|
· Pola pengembangan
isi pantun, gurindam, dan syair
· Variasi kalimat
perintah, saran, ajakan, larangan dalam pantun
|
3.15
Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.
|
3.15.1Menjelaskan
pengertian fabel
3.15.2
Menyimpulkan ciri unsur cerita fabel
3.15.3
Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri cerita fabel
3.15.4 Mengidentifikasi informasi
tentang fabel/legenda daerah setempat
|
C2
C2
C2
C2
|
Setelah
pmendengarkan sebuah fabel, peserta didik mampu:
1. Menjelaskan pengertian fabel dengan benar
2. Menyimpulkan ciri unsur cerita fabel dengan benar
3. Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri cerita fabel dengan benar
4. Mengidentifikasi
informasi tentang fabel/legenda daerah setempat dengan benar
|
1. Pengertian fabel
2. Ciri unsur cerita fabel
3. Penggunaan kata/kalimat sebagai ciri cerita fabel
4. Informasi tentang
fabel/legenda daerah setempat
|
3.16
Memerankan isi fabel/legenda daerah
setempat yang dibaca dan didengar.
|
3.16.1
Merencanakan penulisan cerita fabel
3.16.2
Menulis cerita fabel dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur,
dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
3.16.3
Memerankan isi fabel dengan intonasi, gestur, dan aspek pemeranan
lain yang sesuai
|
|
Setelah
proses pembelajaran, peserta didik mampu:
1.
merencanakan penulisan cerita fabel dengan benar
2.
menulis cerita fabel dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur,
dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan dengan benar
3.
memerankan isi fabel dengan intonasi, gestur, dan aspek pemeranan lain yang
sesuai
|
1.
Penulisan cerita fabel
2.
Kebahasaaan fabel
3.
Cara memerankan fabel
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar